Mengenang Papa

Tahun ini genap 10 tahun Papa berpulang. Masih inget banget, malem sebelumnya saya nelpon Papa untuk ngucapin selamat ulang tahun dan masih becanda2. Saya dan keluarga dah jauhan sejak saya hijrah ke bandung untuk kuliah dan kemudian setelah lulus kuliah hijrah lagi ke Jakarta untuk mencari segenggam berlian sesuap nasi.

Papa seorang yang ramah, senang becanda dan tegas banget, klo iya ya iya, klo ga ya ga.. Jadinya ada rasa nyaman dan juga rasa takut klo dah bikin kesalahan.

Papa jago Matematika, jadi saya selalu bertanya ma beliau klo gi ada masalah di sekolah atau ga bisa ngerjain Pe-eR. Papa selalu bilang, jangan ngapalin rumus tapi mengertilah cara gimana suatu rumus itu ditemukan. Cara ini melekat banget di pikiran saya..

Tapi, Pa, klo di UMPTN kan harus cepet2 karena dibatasin waktu klo ga apal gimana bisa cepet jawab soal, itulah kilah saya yang keras kepala dulu waktu Papa ngasih tau. Tapi tetep aja sih, Papa keukeuh klo dah tau cara nurunin rumus pasti deh bisa apal tuh rumus otomatis hehehehe.. jadi tau kan keras kepala saya diturunkan dari siapa 😀

Papa lah yang membuat saya seneng dengan Matematika, karena cara beliau mengajarkannya pada saya dan menunjukkan pada saya bahwa matematika itu ga susah kok.

Papa adalah seorang dokter umum yang membuka praktek juga di rumah. Ada jam prakteknya sih, tapi karena di rumah jadi pasien datengnya ga tentu. Tengah malem kita dah biasa terbangun dengan gedoran di pintu. Kamar Papa di atas, kamar anak2 di bawah, jadi klo ada pasien tengah malem pasti anak2 yang bangun duluan buat bukain pintu. Kadang nih, suka pura2 ga denger, biar kakak or adik saya aja yang bangun buat bukain pintu.. ups :-X Ga pernah denger Papa komplain soal kedatangan pasien ini, mosok kita yang bukain pintu aja, yang komplain. Sayangnya ga ada anaknya yang ngikutin jejak Papa untuk menjadi seorang dokter.

Papa yang suka belanja buah2an klo pulang kantor. Sampai punya langganan sendiri tempat biasa beliau beli2 buah2an di pasar. Jadi klo beli ga pernah nawar lagi dan selalu diberi buah2an yang bagus dan dah mateng. Mungkin itu sebabnya saya doyan banget sama yang namanya buah yaa..

Papa yang suka baca tafsir sambil duduk diam di kursi kesayangannya. Saking seringnya dibaca, sampai buku tafsir dah robek2 dan penuh dengan coretan tangan Papa.

Papa yang tertawa melihat kerutan yang muncul di bawah dagunya yang mengingatkannya dulu pernah godain Bapaknya dengan keriputnya.

Papa yang over protective ma anak2 ceweknya. Inget banget dulu, suka ada temen2 cowok yang nelpon ke rumah. Klo Papa yang ngangkat, selalu dibilang ga ada. Jadinya suka rebutan klo ngangkat telpon 😀 Hal ini juga bikin temen2 cowok saya takut sama Papa loo..

Papa yang ngijinin saya buat minjem mobil pada saat saya berumur 17 tahun dan bilang klo saya dah 17 tahun dan dah dewasa dan harus bisa bertanggung jawab untuk semua pilihan yang saya buat. Padahal saat itu saya belum bisa nyetir sama sekali, jadinya mobilnya disopirin temen saya deh 🙂

Papa yang suka nelpon saya waktu saya dah di Bandung cuman mau ngasih tau klo Papa taragak *means : kangen*

Love you, Papa

Miss you, Papa

Semoga Papa tenang di sana yaa..

Ya Allah,

terimalah Papa di sisi-Mu

terimalah semua amal baik Papa

ampuni semua dosa dan kekhilafan Papa

lapangkanlah tempat Papa di alam kuburnya

jauhkan Papa dari siksa kubur

jauhkan Papa dari siksa api neraka

masukkan Papa dalam surga-Mu

Amiin..

Comments

  1. I miss him too sis.. Miss him so much

  2. Terharu bacanya, teh…
    huhu…. (sad)

    Jadi inget deh sama presentasi ini.

  3. Papamu di surga bilang, “I love U Ade”.. 😀

    -salam- ^_^

  4. bener mbak, kita ternyata sehati dalam menemukan ide posting, wekekekek..

    kok.. bisa ya..

    ceritanya sama persis… papaku juga mirip-mirip karakternya dengan papanya mbak… hohohoho…

  5. Gua yakin your dad is happy in heaven 🙂

  6. jadi kangen bapak dech,,
    padahal tiap hari ketemu,,,

  7. Hmmm…. jadi inget papa diriku…
    Katanya… semua orang yang telah berpulang tentunya akan bahagia bila kita bahagia di dunia ini (dari cara yang baik tentunya),
    jadi diriku juga sedang berusaha mencari kebahagiaan itu agar beliau bahagia

  8. Amin ya De, semoga alm papa di sana tenang, senang, bahagia…

    Membaca kelebihan tentang papanya Ade yang dokter, jadi ingat dokter umum keluarga kami yang juga praktek di rumahnya. Saking seringnya kita berobat ke blio, sudah kayak dokter keluarga. Pernah saya malam2 diare trs sama mami diantar lgsg ke sana, itu sudah jam 8 malam, sdh selesai praktek 1jam. YG bukain pintu istrinya, ngomel-ngomel pula. Huh kalo ga inget mami saya yg panik krn saya makin lemes, pasti udah saya bentak itu istrinya. Kerja dokter kan memang begitu…
    Salut untuk alm papa Ade yg sangat berdedikasi.

  9. wah gak bisa diakses ya de?
    ya sud gpp, mudah2an nanti bisa lagi 😀

  10. Jadi inget deh sama presentasi ini.hehehe beberapa taon yg lalu juga (wink)

  11. i miz him too mbak..klo aq uda ditinggal 14tahun malah..heheheh

  12. allahumma firlahu warhamu..

    ***

    met ultah ya semoga umurnya tambah berkah 🙂

    **

    eh hari ini juga ultah pernikahan saya 😀

    hua… ngapain di umumkan 😀

  13. doakan terus orang tua kita 🙂 amal yg g akan terputus pahalanya

  14. jadi inget almarhum papa jugaaa :-((
    [rq=1421,0,blog][/rq]Perjalanan

  15. papaku juga seorang dokter umum. and your dad is happy in heaven dan melihatmu dengan tersenyum. salam kenal.
    [rq=1423,0,blog][/rq]Ceiling Fans Makes Elegance Room

  16. Beruntunglah orang tua yang mempunyai anak yang selalu mendoakannya…

    Pastinya Allah akan memberikan Surga buat beliau

    Amin

  17. papamu di sorga pasti terharu punya anak yang terus mengenangnya.. (sun)

  18. Pasti kangen ya mbak DD, kebanyakan sifat ayah itu yang nurunin memang anyak perempuannya kok, jadi bener deh kalo sama-sama keukeuhnya 😀 Do’aken ajah papah tenang dan diampuni dosa2nya.
    Aku mah, sejak 8 tahun dah ditinggal ma bapak, 15 ama ibuk lulus SMP. Jadi yatim piatu itu enak kok. 🙄

  19. Salam bahagia buat Uni, ni kita sekampung ni…saya uda….he…he.. Uni jangan bersedih
    karena kita berat berpisah dengan orang tua kita, tapi itu kenyataan yang tidak bisa kita hendari…ya kan ni…..
    [rq=1618,0,blog][/rq]Revolusi Pembelajaran

  20. bikin kangen ma babe aja nih uni, aku juga lagi jauh dari babe. Soal Matematika, aku sangat setuju tuh…dan gara-gara itu aku mencintai matematika…mengerti bukan menghafal
    [rq=1651,0,blog][/rq]Doa Cinta

  21. jadi terbawa suasana….
    sedih bgt.. tapi ditulisnya keren bgt… (y)
    pengen nangis bacanya tadi…
    semoga beliau bahagia disana… (angel)
    [rq=1765,0,blog][/rq]Startrek

  22. miss u papa..semoga papanya diterima disisinya.. 😀
    [rq=2014,0,blog][/rq]The Virgin With Cinta Terlarang

  23. salam kenal uni dede
    [rq=2017,0,blog][/rq]the ocean day for batam

  24. Amiiin ya uni dede, doanya didengar yang Kuasa

    hugs

    saya masih inget waktu mama kmrn sakit, baca postingan ini jadi terharu.

    Orang tua itu memang pemilik hati kita setelah suami karena mereka lah yang membesarkan kita 🙂
    [rq=2155,0,blog][/rq]Pelepas Stress dalam perjalanan Pulang (1)

  25. amiiin yarobbal ‘alamiin…
    [rq=2156,0,blog][/rq]Facebook Kota Bangil

  26. AMIN….
    smoga papax mBa uNi bs tenaNg d alam sana..

    mBa..aq daH link bLogx mBa.. 😉
    [rq=2792,0,blog][/rq]first awaRd

  27. Semoga papa uni tenang dan bahagia di alam sana… 😛
    [rq=2925,0,blog][/rq]Weekend in Parangtritis Beach

  28. Aku paling sedih nihh……,kalau mengingat kematian aku bisa seminggu nggak punya mood……..,lama aku belajar untuk bisa menerima kenyataan ditinggal oleh orang yang kita banggakan ,pelindung kita sedari kecil dan menjadi figur panutan dalam hidup ini.
    [rq=3013,0,blog][/rq]Kegagalan Hubungan Intim karena Kepribadian Anda yang……..

  29. jd inget papaku, padahal weekend kemarin kita bersama-sama, sehatkah ia? Nyamankah perasaannya saat ini?
    Weekend ini nginep lagi ah di rumah beliau..

  30. Amien bu Amien…

    doa anak yang shaleh kan insya Allah jadi amalan yang ga akan putus 🙂

  31. Semoga Alloh menerima segala amal ibadah papa, ya mbak uni.
    Salam
    [rq=3828,0,blog][/rq]Flu Babi jadi Pandemi, terus saya gimana?

  32. what a great father…

    semoga amal ibadahnya diterima di sisi Alloh..

    jd sedih… 🙁 🙁 🙁

  33. Ortu pasti akan selalu menjadi kenangan, apalgi kalo kita jauh dari mereka. Gak ada sesuatu yg bisa kita gunakan untuk membalas jasa mereka, gak akan sanggup mengimbangi jasa mereka. Meskipun dunia ada di gengaman kita, tetap aja tangan kita gak akan sanggup membalas belaian lembut tangan mereka. Begitu banyaknya harta kita tetap aja tidak bisa membalas tetesan keringat ortu kita untuk mencari nafkah buat kita. Dan gw jg yakin ortu tidak mengharap balasan apapun.. melihat anak2nya bahagia adalah tujuan mereka

    Mba’ Ade… Papa pasti bahagia melihat anak2nya begitu merindukan beliau..
    [rq=3947,0,blog][/rq]Jati Perhutani vs Jati Kampung

  34. yakin, pasti papa sebaik itu akan mendapat tempat yang terbaik disisi Tuhan. amin.

  35. yah de..jadi ikutan sedih teringat bokap
    .-= Dian´s last blog ..Dokter Gendeng =-.

  36. Oek..Oek.. Terharu Q Terharu…
    wkwkwk..
    Lam kenal y!! Ditunggu kunjungan Balik!!! (y)

  37. Amien….
    Semoga doanya didengar dan dikabulkan Allah….

  38. Papa yang luar biasa…

    mudah2an kelak dipertemukan kembali, insyaAllah
    .-= Insan´s last blog ..Langit Rasa =-.

  39. jadi pingin nangis!! tapi boys dont cry… :-(( :-((
    .-= thepenks´s last blog ..suramadu =-.

  40. Semoga Mbak Uni diberi ketabahan!

  41. Pasti senang kalo punya anak seperti Mbak Uni ini

  42. Amiin..

    Makasih ya om.. (flower)

  43. Makasih Mas Aden…

  44. Feelnya dapet ni…daku jadi terharu, jadi inget pengajian kemaren. Kata p’ ustadz ‘3 pembuka pintu surga: orang tua, suami/istri, anak. Maka berlaku baiklah kepada mereka’. Dikau menjadi pembuka pintu surga bagi alm. papa. Begitupun sebaliknya…dan pasti beliau tersenyum bahagia di sana punya putri soleha seperti dirimu. Doaku juga untuk alm. papamu, smoga mendapat tempat yang terbaik di sisiNya. Amin. Doaku juga tuk dikau smoga tabah, tegar, dan mendapatkan yang terbaik dari Allah SWT. Amin…

  45. *menangis terharu*
    sungguh sosok papa yang sangat luar biasa

    jadi semakin rindu dengan yang namanya kasih sayang dari orang tua
    secara, dari kecil tidak ada yang memperhatikan, di abaikan sama ortu tercintah hikzzz *kok jadi curhat cengeng gini siy*
    .-= Zulhaq´s last blog ..Dapat Warning FB Hingga Facebook di Block =-.

  46. Doa anak yang berbakti biasanya kan nyampe, Uni 🙂

    Amin, semoga Papa bahagia dan mendapatkan kemuliaan di akhirat sana.
    .-= Muzda´s last blog ..Diet ?? =-.

  47. in memoriam bapaknya uni….
    ah aku senang bisa baca tulisan yang manis ini tentang seorang ayah
    dan bisa membayangkan kehidupan kalian dulunya
    Pasti…pasti papanya uni sudah bahagia di sana dan bangga melihat anak-anaknya
    serta menjaga uni dari jauh

    EM
    .-= Ikkyu_san a.k.a imelda´s last blog ..Hari Tanpa Arti =-.

  48. amiiin..

    sedih bacanya mba.. 🙁
    .-= wulan aquariyanti´s last blog ..new food box =-.

  49. salam kenal uni…

    almarhum Papa Uni dengan Bapak selisih 2 th 2 hari yach..

    Pasti Papa Uni telah diterima oleh Nya, seperti Papa Uni slalu menerima pasien jam berapapun…

    salam,

  50. Papaku juga udah lama pass away, sejak aku kelas 2SD. Aku sendiri juga gak tahu begimana kasih sayang seorang papa.

  51. aku kangen papaku jadinya…
    walaupun banyak yang terjadi diantara kami berdua aku tetap sayang sama beliau…

    miss him so much 🙁
    lagi dimana skr beliau ya, terakhir papa cerita kalau diamau berlayar ke hongkong..
    .-= Ria´s last blog ..Aku, Kamu, Kami, Kita dan Mereka =-.

Speak Your Mind

*