Ibu Hamil & Kolustrum

also with courtesy of Uni Ilna 😉

Berhubung banyak pertanyaan seputar wanita hamil yang ingin mengkonsumsi susu kolustrum, alhamdulillah ada jawaban diberikan oleh Dr. Dripa Sjahbana, M.Kes

(Pertanyaan di retype dari Naco News edisi ke 2 bulan September 2007)

TANYA:

Saya seorang ibu rumah tangga berusia 36 tahun, sedang mengandung anak ketiga. Usia kehamilan sekarang adalah 5 bulan. Aktivitas sehari-hari selain mengurusi rumah tangga juga membuka usaha warung kelontong. Belakangan ini saya merasa sangat mudah lelah dan nafsu makan sedikit menurun (sering diikuti rasa mual). Yang ingin saya tanyakan adalah :

apakah benar keluhan-keluhan saya tadi tidak menandakan bahwa saya menderita suatu gangguan kesehatan (penyakit) tertentu. Bagaimana cara mengatasinya ?

saya mempunyai gangguan pencernaan/maag yang sudah menahun dan juga radang persendian. Apakah produk IgG Plus dapat membantu mengatasi penyakit saya ?

Bolehkah wanita hamil mengkonsumsi IgG Plus ? Jika boleh, bagaimana cara mengkonsumsinya ?

Demikian pertanyaan saya, mohon dapat diberikan jawaban. Atas penjelasan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

(Rahayu, Kroya, Cilacap)

JAWABAN:

Besar kemungkinan keluhan-keluhan yang Ibu alami muncul karena aktivitas ibu yang cukup tinggi dalam mengelola rumah tangga dan mengelola toko/warung bukan karena menderita penyakit tertentu. Mungkin pada waktu yang lalu dengan aktivitas yang sama keluhan tersebut tidak muncul. Namun karena sekarang kondisi ibu sedang hamil, dengan intensitas kegiatan yang sama bahkan dengan waktu istirahat yang sama, keluhan tersebut ibu alami. Saya menyarankan agar ibu menambah waktu istirahat juga mengurangi aktivitas. Mengingat secara hormonal di tubuh Ibu sedang terjadi banyak perubahan yang biasanya diikuti oleh rasa tidak nyaman, mudah letih, dan tidak seenergik biasanya. Selain itu, ibu perlu mengkonsumsi produk yang dapat memberikan zat gizi lengkap serta mempunyai kemampuan meningkatkan daya tahan tubuh.

Susu kolustrum IgG-Plus dapat membantu Ibu untuk lebih meningkatkan daya tahan tubuh. Nafsu makan yang sedikit terganggu dan diikuti rasa mual wajar saja terjadi, selain karena Ibu terlalu capek juga karena ada pengaruh peningkatan hormon dalam tubuh berkaitan dengan kehamilan Ibu. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tidak merangsang dan juga tidak membuat muntah. Ibu dapat memilih makanan-makanan kering, makanan tidak berkuah, serta makanan yang tidak mengandung banyak lemak. Buah segar atau jus buah dapat menjadi pilihan Ibu, agar zat gizi dapat masuk tanpa gangguan rasa mual yang berarti.

Mengenai gangguan pencernaan yang Ibu derita, dapat dibantu dengan susu sehat Naco IgG-Plus. Susu sehat Naco IgG-Plus memiliki kandungan laktosa yang sangat rendah, sehingga orang dengan keluhan gangguan pencernaan tidak mengalami masalah jika mengkonsumsi produk ini. Selain itu menurut hasil penelitian Olle Hernell, University of Ulmea, Sweden; Science : “kolustrum mengandung glikoprotein yang dapat menghambat melekatnya bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan tukak lambung”. Penelitian ini juga makin diperkuat dengan adanya penelitian dari Dr L.B. Khazenson; Microbial and Epidemial Immunobiology : “terjadi pemeliharaan aktivitas biologis IgG pada sekresi saluran cerna orang dewasa yang minum kolustrum sapi. Ini menunjukkan imunisasi usus secara pasif untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit pencernaan”.

Radang sendi menahun yang Ibu derita juga dpat dibantu dipercepat proses pemulihannya dengan mengkonsumsi susu kolustrum Naco IgG-Plus karena ssu kolustrum Naco IgG-Plus mengandung interleukin-10 yang dapat mengurangi radang pada sendi (berdasar hasil penelitian Olle Hernell, University of Ulmea, Sweden; Science). Meskipun sedang hamil, Ibu boleh mengkonsumsi IgG-Plus karena komponen zat gizi yang ada di dalam IgG-Plus akan sangat bermanfaat bagi kehamilan Ibu.

Mengingat usia kehamilan sudah menginjak bulan ke-5 (trimester kedua) yang biasanya kondisi kehamilan sudah nyaman, Ibu dapat mengkonsumsi IgG-Plus 1 sachet setiap hari dan kemudian dapat ditingkatkan menjadi 2 sachet setiap hari. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi serta menyeimbangkan antara aktivitas fisik dan istirahat. Demikian penjelasan dari kami, semoga dapat diambil manfaatnya dan semoga Ibu sekeluarga selalu sehat bersama susu sehat naco igG-Plus

Comments

  1. saya baru saja melahirkan anak ke 3 saya Februari 2008 lalu, sewaktu hamil saya mengkonsumsi susu naco, dan badan saya terasa segar, juga pada saat bulan puasa dalam kondisi hamil tidak terasa lemas sedikitpun sampai waktu berbuka. dan alhamdulillah sekarang anak saya tumbuh sehat dan aktif, terima kasih susu naco.

  2. Met sore. Lagi nyari artikel2 tentang kehamilan di google and direcommended kemari. Ijin baca2 artikelnya and salam kenal ^_^

Speak Your Mind

*