Hidup bagaikan sudoku

Saya suka banget maen Sudoku. Sudoku itu permainan meletakkan angka di sebuah kotak besar. Kotak besar ini terdiri dari 9 x 9 kotak kecil yang terbagi dalam 3 x 3 sub kotak. Angka2 yang diletakkan dalam kotak kecil ini adalah angka 1 sampai 9 dan tidak boleh ada pengulangan atau angka double dalam 1 baris atau dalam 1 kolom. Dan juga tidak boleh ada pengulangan angka dalam sub kotak 3 x 3 itu. Mulai bingung? saya juga :ngakak:

Klo belum pernah maen, keliatannya susah banget dan kayaknya ga bakalan mungkin bisa narok angka2 itu di situ. Tapi klo udah tau kuncinya, tada.. pelan2 angka2 itu bakalan tersusun dengan rapi dalam kotak2 kosong.

Dalam satu ketika, pasti ada rintangan kok kayaknya dah mentok dan ga bisa melangkah lagi. Tapi, klo diinget2 lagi, sudoku dibuat untuk dipecahkan bukan buat diliat2 aja hehehe.. Tarik napas dulu.. alihkan perhatian dulu bentar, trus baru deh lanjutkan dengan hati dan kepala yang udah lebih jernih, sudoku pun akhirnya bisa dilanjutkan sampai selesai.

Sama kayak hidup kan.. banyak banget masalah dan kadang ngerasa kok ga nemu2 sih jalan keluarnya.. Itu tandanya untuk berhenti sebentar, jernihkan pikiran, wudhu terus sholat dulu.. Inget2 lagi klo masalah dikasih sama Allah adalah sesuai kemampuan kita hambanya dan ga mungkin dikasih yang kita ga bisa memecahkannya..

Trus klo sudokunya masih mentok aja, liat2 lagi angka2 sebelumnya yang dah diisi, ada yang salah tarok ga.. Klo ga nemu juga salahnya dimana, tinggal diapus aja angka2 yang udah diisi (makanya ngisi sudoku disaranin pake pensil, supaya suatu saat bisa dipaus lagi). Ulang lagi dari awal. Awal baru, semangat baru.

Dalam hidup, pastinya kita buat salah juga kan.. Menghapusnya tentunya dengan minta maaf dan memulai kembali. Everyone deserves a second chance, right? 😉

Selamat bermain sudoku, kawan!

Gambar diambil dari wikipedia.

Comments

  1. aku tau kuncinyaaaa!! 😀 aku juga suka sudoku!! btw ada software gamenya kan?? punyaku kemana yah??

    eniwei, soal teman-meter di buku Amelia, sejauh yang aku tau emang baru ada di buku itu. Teman-meter itu semacam parameter seorang teman masuk kategori mana? sahabat? teman dekat? teman biasa? pengganggu? musuh? seingetku itu parameternya 😛
    .-= sinta´s last blog ..Catatan Harian Amelia Tentang Surat Menyurat =-.

    • ada game online-nya sih.. cuman aku suka yang konvensional.. hehehe jadinya diprint dulu trus baru deh diisiin pake pensil..

  2. lam nal ^^ waduh jadi terpompa ne semangatku ho..ho.. ho.. http://unidede.com/wp-includes/images/smilies/emoticon-0148-yes.gif
    .-= ayas´s last blog ..So Be It! =-.

  3. I love playing sudoku….

    seruuuu, bikin pusing, bikin penasaran, bikin mikir :smirk:

    hehe.. perumpamaannya tepat, Mba 😉
    .-= deeedeee´s last blog ..Lyrics of The Day =-.

  4. benar uni tu…orang yang bijak orang yang mengaakui kesalahannya dan minta maaf adalah perbuatan terpuji. info saya telah pinda rumah ni…jalan ketempat saya yang baru
    .-= pakwo:Pindah Rumah´s last blog ..Pindah Rumah =-.

  5. Kalo aku maen Sudoku sejak SD. Bikin kotak-kotaknya sendiri. sampe pernah di setrap sama guru agama gara2 sibuk bikin kotak2 sudoku hehehe

  6. aku baru main sudoku berapa minggu yang lalu, itu juga karena di HP yang baru di beliin my Husband ada games tsb…awalnya aku main yang paling mudah..dan sampai sekarang masih main yang paling mudah juga.. :ngakak:
    secara belun nemu kuncinya….
    ada yang mau ngasih bocoran ???? :giggle:

    bedanya dengan hidup walau bisa di hapus dengan minta maaf tetep aja ada cacatnya, kalo sudoku kan ngga keliatan cacatnya bu..apalagi kalo pake pensil… :rock:

    baru keliatan semrawut kalo ngisinya pake pulpen….. :kiss:

  7. Wah, bener bnget mbak Dede… Kadang hidup emang mirip games.. Kalo aku maunya hidup seperti super mario…
    .-= Catatan Rudy´s last blog ..You Comment I Subscribe =-.

  8. weww.. hidupkuuu, bagaikan game apa yah? :sun:

  9. adipati kademangan says:

    kayaknya saya doang yang ndak bakat sama angka-angka ituh, melihat kotak terisi angka segitu aja sudah mumet 🙁

  10. bagus nih postingnya. makasih udah diingetin mba. insya Allah ngisinya pelan2 yaa.. 🙂
    .-= wulan aquariyanti´s last blog ..the wedding vow =-.

  11. i hate sudoku 😀
    but i dont hate the life uni
    cuma kalau mo pilih game yg ringan2 aja macam feeding frenzy, piza frenzy, diner dash 😀
    .-= Eka Situmorang – Sir´s last blog ..Sececap Kuliner Malang =-.

  12. setuju banget tuh… klu emang uda jenuh atawa cape bin lelah… napa gag nyender ajja menjauh sebentar, biar samua kembali terlihat normal en lebih jernih… perspektip yang berbeda emang diperluin supaya pola pikir kita gag di kangkangi panasnya matahari keseharian kita :p
    .-= genial´s last blog ..Mata Anda lelah? =-.

  13. wah wah mantaBB pemaparannya, ehmm setuju banget ma penjelasannya,
    Keren,,

    tapi kok me nguap, artinya ??
    musti istirahat dulu bentar, terus online lagi ya ;))
    =))
    ….
    hehee 😆
    :giggle:
    .-= fl3xu5´s last blog ..Hari Ini Kecewa dengan Tsel Flash =-.

  14. inspirasi yang cukup berat he2…
    saya sering mencoba bermain dengan permaian itu, tapi tetap aja pusing dan nggak ngerti
    artinya, sama juga dengankehidupan…
    ketika kita menjalani dan menekuni sesuatu hal yang sekiranya punya potensi bagus untuk masa depan, disitu kita di kasih beberapa pilihan. dan kalo merasa bukan bidangnya, tidak menguasai, tidak paham sama sekali, maka jangan pernah memaksa akan hal itu, karena hasilnya nggak bagus kalo di paksakan walaupun pada hakikatnya manusia di beri ujian yang tidak melebihi batas dari kemampuannya. tapi balik lagi pada kebutuhan, kalo masih bisa memilih, kenapa nggak!!!

    dalam keseharian, pasti ada aja masalah dan sesuatu yang menjadi cobaan. semakin di jauhi, semakin terasa banyak pula masalah yg timbul. semakin mengeluh, semakin berat pula menghadapinya. tetapi. ketika sesuatu yang berat, yang di takuti, selalu dihadapi dengan tenang dan dengan ikhlas, maka dengan sendirinya segala sesuatu masalah akan menjadi ringan. dan lama kelamaan akan menjadi sesuatu hal yang biasa.

    *orang sinting kok ngomongnya panjang amat yak* kekekkeekk
    .-= Zulhaq´s last blog ..Orang Sinting Ke Makassar =-.

  15. selamat malam aja deh bu he he he
    .-= Zulhaq´s last blog ..Orang Sinting Ke Makassar =-.

  16. oh ya, lupa ngasih jempol bu :y: :y: :y: :y: :y: :y: :y:
    kekekkekkkkk!!!!

  17. mmmmmmmmmmmm………

    kalo aku hidup itu ibarat argo taksi.. kalo berhentipun argo juga tetep jalan, nggak mungkin si mamang taksi mau setopin dulu argonya.

  18. masa sih de everyone deserves second chance?
    hmmm liat2 kasusnya dulu kalo menurut gua…. hehehe
    .-= arman´s last blog ..Emotional Attachment =-.

  19. ” Sama kayak hidup kan.. banyak banget masalah dan kadang ngerasa kok ga nemu2 sih jalan keluarnya.. Itu tandanya untuk berhenti sebentar, jernihkan pikiran, wudhu terus sholat dulu.. Inget2 lagi klo masalah dikasih sama Allah adalah sesuai kemampuan kita hambanya dan ga mungkin dikasih yang kita ga bisa memecahkannya.. “

    ini yang kadang – kadang suka dilupakan … melupakan untuk berhenti sejenak berfikir dan menjernihkan pikiran. Terima kasih sudah diingatkan :y:
    .-= nelangsa´s last blog ..Lelah … =-.

  20. :y: :y: :y: ga bisa membayangkan mba

    -salam- ^_^
    .-= Hariez´s last blog ..Sedetik Bersyukur =-.

  21. kerangka berpikir secara matematis dan dalam semua urusan di kehidupan sehari-hari memang terkadang memakai otak kanan tapi secara tehnis adalah otak kiri. jadi memang semua bersinergi termasuk permaianan ini. dan kucinya adalah mencoba dan sedikit mengintip kuncinya akan lebih cepat meyelesaikan apapun jua. selamat malam dee ya . rumah di mutiara sentul ya udah tau belom rumahku. tapi sekarang lagi dimana de

  22. wah sudoku yah? seru nih. kebetulan, kalo temen-temen tertarik n pengen belajar panduan n trik2nya yang maknyuss, ada ebooknya yang bisa didonlot secara gratis tis di situs saya hehe 🙂 *maaph bukannya komen malah promo hihi…*
    .-= st_hart´s last blog ..How to Become an Expert at Sudoku =-.

  23. hmm, jadi pengen belajar nih. sepertinya bagus buat asah otak. daripada diasah pake gerindra eh gerinda malah habis hihih…

  24. eniwei temen-temen ada yang tau tempat download game ini apa gak.?
    aku pingin coba tuh maininnya.

  25. kesempatan kedua itu iya

    selanjutnya sih…………………

    ehmmmmmmmmmmm susah juga!

    tapi ya emang kaya sudoku… mau kelihatannya mustahil atau apa, sebetulnya sudah diatur sedemikian rupa, tinggal pintar2 saja… buat meletakkan semua pada tempatnya 🙂

  26. Manusia memang pakaiannya hanya dua mbak yaitu salah dan lupa.Oleh karena itu kita selalu memohon kepada Tuhan agar diampuni dosa2 kita.Juga jangan sungkan2 untuk minta maaf dan minta restu kepada orang tua agar hidup kita mendapat Ridhonya.
    Artikel yang maknanya bagus walaupun saya belum pernah main sudoku.
    Salam
    .-= Abdul Cholik´s last blog ..NgeTop dan ngeTren apakah selalu berdampingan? =-.

  27. Iya.. bener tuh De. Jadi inget tulisanku “Berhenti sejenak..” beberapa waktu lalu. Bahasa jawanya “Take a break..” kan..? We all need that.. 🙂

  28. Baru tau ada gim bernama Sudoku? Hihi… Semacam puzzle ya, teh… Link downloadnya dong, please… Pengen nyoba nih. 😉
    .-= GiE´s last blog ..4 Sebab Anjloknya Nilai Pagerank =-.

  29. Gmn sih cara main sudoku? Ha ha males mainnya mbak. Coba dikasih tahu rahasianya 😉

    • gampang kok jeng..
      kuncinya sih, cari dulu angka yang selalu ada di setiap sub kotak, trus liat di sub kotak mana yang belum ada.. trus tinggal buat garis lurus dari kotak yang udah ada ke kotak yang belum ada, klo garis kena di kotak yang belum ada berarti angka itu ga boleh ditarok di situ.. bingung ga? hehehe.. harus pake gambar neranginnya biar kebayang..

  30. sudoku? aq mainnya klo pas lagi ada yg jualan tts dikereta.
    pemilihan judulnya bener2 keren
    hidup bagai sudoku
    wew, what an amazing frase!
    .-= rigih´s last blog ..Legenda : Ikan menjadi Naga =-.

  31. wooo saya suka perumpamaannya :giggle:

    btw, saya kalo maen sudoku suka pake karkulator… ampuh! :wek:
    .-= Chic´s last blog ..di di bo ding di bo di bo ding [1] =-.

  32. Idem, Mbak Ade..
    Sari juga sukaaaaa banget maenan sudoku 😀

  33. sudoku ini bikin saya penasaran saja,
    tapi memang kalo udah bisa full angka-angkanya,
    leganya lebih dari kalo baru keluar dari wc hehe

    saya suka ngisi, apalagi yg ada di insitasi itu
    soalnya barhadiah 😀

  34. suka maen game ini :alis:

    oia, mba ade dah tau kah klo di Indonesia hari ini mulai jam7.50 di JW Marriott dan jam7.55 di Rizt Carlton.. menyedihkan sekali.. padahal Rizt mau dipake buat penginapan pemain MU yg akan tanding hari senin depan.. jadi ga tau d mereka jadi dateng atau ga..
    jam10an ada ledakan mobil juga di daerah muara angke.. seremmmm ni.. T_T
    menurut berita masih ada bom yg lagi dijinakkan di JW Marriott.. :keringetan:
    .-= mima´s last blog ..Perjalanan 1 bulan berakhir di RS =-.

  35. Sudoku ???
    Aaarrggghhh ada suatu masa dimana saya sangat senang itu mainan …
    saya kecanduan sudoku
    beli buku sudoku banyak …
    terus begadang sampai malam …
    karena memang membuat lupa segala …

  36. En BTW …
    Perumpamaannya ok juga nih …
    berhenti sebentar …
    cuci muka … rehat … kerja lagi … pecahkan lagi teka teki kehidupan ini …
    .-= nh18´s last blog ..SURAT CINTA UNTUK SENIOR =-.

  37. kalau bagai sudoko saya ga mau…sampai saat ini terasa lieur alaias pusing alias ga bisa bisa main sudoku heheheh saya mah ingin hidup bagai air aja lah…kemana angin ebrtiup pasti disitu ada saya hahahah

  38. wah, iya ya.. seperti hidup 😮 selama ini maen sudoku asal maen aja sih. hehe
    .-= eru´s last blog ..‘School Age’ =-.

  39. Saya baru tau sudoku neh Uni…Kayaknya asyik juga neh untuk dicoba.
    Trims infonya…
    .-= Blogodolar´s last blog ..John Chow Muncul Kembali di Google =-.

  40. Wah, makasih kak uni…
    keren artikelnya
    blognya apalagi 😉

    dah berapa lama jadi blogger kak? 🙂
    .-= Ajjam´s last blog ..Bagus buat direnungi neeh =-.

Speak Your Mind

*