Air Show

Sebagai seorang istri yang baek *kumat nih muji diri sendiri*, saya menemani suami yang ingin melihat air show di Dayton, Ohio. Jarak tempat saya dan Dayton, kira2 500 miles (ayoo, berapa km? :giggle:  ). Acaranya sendiri diadakan pada hari Sabtu dan Minggu (18 dan 19 Juli 2009) dan kita milih buat datang di hari Sabtunya aja.

Suami memang tergila2 dengan segala hal yang berbau pesawat,  dari mulai ngumpulin replika pesawat, maen game flight simulator sampe akhirnya kesampean buat nonton air show.

Jadilah kita berangkat Jumat siang, perjalanan dengan mobil kira2 ditempuh dalam waktu 9 jam. Kebanyakan jalannya adalah jalan tol, makanya bisa lebih cepet nyampenya.

Bawa bekelnya dah kayak bawa perlengkapan perang :ngakak: Maksudnya biar selama perjalanan ga ngantuk, jadinya mulutnya dipaksa buat ngunyah biar ada aktivitas dan matanya jadi ga merem 😉

Lumayan juga sih perjalanannya. Sempet berenti buat makan di rest area yang nyaman. Trus abis itu lanjut lagi. Di jalan juga ngalamin hujan deres banget. Untungnya karena pas musim panas, jadinya siangnya lebih panjang. Jadi, sampai jam 20.30 malem mataharinya baru mulai terbenam.

Nyampe hotel di Dayton, jam udah hampir tengah malem karena kita mampir dulu liat lokasinya air show, siap2 buat besok biar ga nyasar. Habis itu langsung tidur, secara besok pagi2 banget dah harus berangkat menuju lokasi air show.

Kita beli tiket yang khusus buat penggemar fotografi, jadi tempat menontonnya nanti sudah diatur sedemikian rupa supaya para penonton bisa mengambil foto dengan bagus. Dan pagi2 udah harus hadir buat photo tour, supaya bisa moto2in pesawat dan ga pake ngantri.

Fotografer sedang beraksi :-D

Fotografer sedang beraksi 😀

Selama photo session yang ada saya ngeliatin para fotografer motoin bermacam2 pesawat sambil ga ngerti bagusnya dimana ya tu pesawat :ngakak: Mana salah kostum, hari itu cuacanya mendung dan suhunya dibawah 70F (ayo ambil kalkulator lagi buat konversi ke celcius :giggle: ). Pake celana pendek dan baju kaos.. brr dinginnya.. Untungnya bawa jaket jeans, lumayan buat ngangetin badan. Dan yang salah kostum, hampir semua peserta photo tour loo :-S

Aspri fotografer lagi bawain makanan

Aspri fotografer lagi bawain makanan

Selesai photo tour, kita langsung menuju tempat duduk dan suami siap2 buat motret air show. Saya? duduk manis sambil kedinginan. Sampai acara dimulai, matahari masih belum mau menampakkan diri.

Sejak pintu masuk dibuka pukul 09.00 sampai ditutup pukul 18.00, hampir semuanya diisi oleh flight demo, fly-by dan acrobatic performance.

Yang paling2 ditunggu sih, atraksi dari tim aerobatik angkatan udaranya Brazil Esquadrilha da Fumaca a.k.a. “Smoke Squadron”. Ada 7 pesawat C-130 support aircraft yang tampil. Wew.. atraksinya bener2 keren :tutupmulut: :y:

Salah satu formasi yang ditampilkan oleh Smoke Squadron

Salah satu formasi yang ditampilkan oleh Smoke Squadron

Tim aerobatik ini memegang rekor Guinness Book of Record untuk terbang dengan 12 pesawat dengan posisi seperti bayangan cermin, jadi 6 pesawat dalam posisi terbang normal dan 6 pesawat lainnya terbang dalam keadaan terbalik di atasnya  :rock:

Atraksi penutup yang juga ga kalah kerennya adalah tim akrobatik angkatan udara US Thunderbirds. Mengundang decak kagum dan tepukan riuh para penonton termasuk saya 😀

Thunderbird Diamond Overhead formation

Mirror Reflection formation dari TBird #5 dan #6.

Mirror Reflection formation dari TBird #5 dan #6.

Dan acarapun selesai, setelah capek keliling liat pameran dan berfoto2 sambil minta tanda tangan pilot thunderbirds yang gile keren banget itu, kitapun melanjutkan perjalanan pulang. Another 9 hours on the road :otot:

Salah satu pilot Thunderbirds

Salah satu pilot Thunderbirds

Ada yang lucu di perjalanan pulang, karena ngantuk suami mau tidur dulu di salah satu rest area. Sementara saya mencari dopping berupa kopi panas. Selama ini klo beli2 kopi di Starbucks belum pernah kopi item aja tanpa temennya krimer atau susu, tapi untuk saat itu saya butuh caffein tinggi untuk membuat mata tetap bisa terbuka lebar. Jadinya saya memesan espresso. Saya pesen one shot aja. Tau sih klo espresso selalu dihidangkan dengan cangkir yang lebih kecil daripada cangkir kopi biasa, tapi ga nyangka aja begitu kopinya jadi ternyata lebih sedikit daripada yang dibayangkan! Cuman seteguk dah abis deh tuh kopi :ngakak: Tau gitu mesennya double. Mau mesen lagi, maluu ntar keliatan ndesonya :malu:  :headbang:

Perjalanan pulang ga semenyenangkan pergi soalnya dah terlalu malem dan kadang suami nyetirnya dalam keadaan capek dan mengantuk.. Aduuh, saya yang duduk di sebelahnya jadi ga tenang, pengen buru2 nyampe. Kesian juga, coba saya bisa gantiin ya.. sigh..

Alhamdulillah, akhirnya kita nyampe rumah jam setengah empat pagi dengan selamat dan langsung tidur :zzz:

Comments

  1. wow keren buanget airshownya…..tapi kalo di aku air = air, show = pertunjukan, jadi airshow itu bukannya pertunjukka buang buang air huehehehehehehehe
    .-= nyegik´s last blog ..Whaaaattttt…….TERNYATA PAYPAL JUGA ADA PREMANNYA!!! =-.

  2. wuiii niat banget nyetir 9 jam buat nonton air show!! hehehe…
    gua pernah lho nonton air show pas masih kecil dulu di sby. tapi gak inget sih pesawat2nya dari mana. kalo gak salah sih dari luar negeri juga. emang keren sih… tapi gak sampe bela2in dah kalo mesti nyetir 9 jam. hahaha. ya emang beda kalo orang hobi ya… 😀

    btw lumayan dingin ya hari gini suhunya masih di bawah 70F. disini kalo siang rata2 udah high 70s atau low 80s. malah kalo weekend bisa high 80s atau bahkan 90. gileee….
    .-= arman´s last blog ..Mabok =-.

    • iya man, klo dah hobi apa aja dilakonin hihihi 😀
      bukan lumayan lagi tapi dingin banget, dah ga kayak summer lagi 🙁

      • bani gunadi says:

        Bu, saya ada rencana Pebruari 2010 mau nonton Airshow di Spur, sekalian moto2 gitu. Bisa minta tolooong sama suami Ibu, setting dikameranya bagaimana? Saya pakai Canon 450D, lensa 70-200 F4. Terima kasih sebelunya ya.

        • Jawaban dari suamiku ni 🙂
          70-200 mm semestinya sudah cukup buat motret aircraft on the ground. Buat performing aircraft di udara, 70-200 bisa dipake, dan kalo bisa sedeket mungkin sama area tempat fly-pass nya.
          Shutter speed mesti kenceng (1/500 keatas. Kalo ada terik matahari lebih bagus, pake shutter speed prority, biar kamera otomatis ngatur bukaan diafragmanya). Saya nggak ngerti apa Canon 450D bisa continous shooting ato enggak, kalo ada feature continous shooting, dipake aja…..[I love that feature].

          One more thing: be aware with sun position….will you facing sunlight or not….

  3. Wo.. Keren mbak.. Kalo kesana lg ajak-ajak ya..!

  4. Jauhnyaaa…

    Hebat juga si uni bisa minum espresso doank. Aku latte dg 1 shot aja udah bikin dada berdebar-debar hikhik

    photonya baguuussssssss kameranya apa, de?
    .-= Dian´s last blog ..HIV/AIDS =-.

  5. mba boleh tanya nieh tapi rahsia ya… tuh pilot thunderbrird sengja minta dipoto atau mba nya yang mau poto dirinya apa msnya ndak marah (cemburu) heheheeeeeeee…
    atau mbanya nieh yang diam2 mendua hati hahahhahhahhha
    :rock: salam kenal dai balikpapan ,,,, main ya mba…..
    ini ada quiz bma : kenapa tukang jamu isi botolnya cuma 7 ayo dijawab ya mba
    .-= b. ariyanto´s last blog ..MEMBERI UNTUK KEHIDUPAN =-.

    • yang moto suamiku kok ri hehehe.. :ngakak:

      salam kenal juga yaa..

      jawabnya : karena jamunya bintang tujuh yaa *ups bukan bermaksud iklan*

  6. Wah, keren amat mbak, gak salah deh sang suami menganggumi pesawat hebat! mbak, jangan lupa yah, besok malam, konfrensi Klub buku online, jam 20 WIB. Di tempat mbak jam berapa yah…??
    .-= anazkia´s last blog ..Karakter Tokoh =-.

  7. emang istri yang baik kok he2….
    kalo saya nggak begitu suka dengan hal2 berbau pesawat, alsannya karena gak paham dan gak bermodal kekekeekkk *ndeso*

    keren euy, dunia fotografi memang gak ada matinya, tapi sayang saya masih pake kamera pocket *ngiler liat kamera suaminya mbak ade*

    wuakakakkka, untung kopinya gak dikasih setetes
    budaya timurnya keliatan banget dah, sungkenan
    mau pesen lagi, mikirnya dah gimana gt, padahal seneng tuh kalo dipesen lagi
    .-= Zulhaq´s last blog ..Panggilan Sinting =-.

  8. poto2 air show nya bagus mbak :y:
    .-= Rizkythea´s last blog ..New Blogger Gadgets From Bloggerbuster =-.

  9. Wuihhh pesawatnya keren-keren euy…
    Di Bandung liat air show ketika pesawat jatuh di PTDI (itu mah bukan air show, kopi darat :mrgreen: )
    .-= Ruud´s last blog ..How to disguise my acne in my 15 years celebration =-.

  10. Pelajarannya adalah …
    Mangkanya belajar nyetir …

    hehehe

    Yang jelas …
    Aku pingin sekali melihat akrobatik diudara secara langsung … pasti mendebarkan ya …

  11. wuih… canggih amat fotografernya…
    mantap kali hasil jepretannya.
    saya suka sekali 😀

  12. kameranya pasti mahal, lha speednya tinggi tapi masih cling hasilnya :rock:
    .-= mas stein´s last blog ..Kayak Apa sih Yamaha Mio di Mata Honda? =-.

  13. jauh banget mba sampe 9 jam. kalau aku sampe2 tidur kali hehehehe. foto2 nya juga bagus. bisa aja foto pesawat. kenapa espresso nya nga nambah aja mba 😆

  14. wah,fotonya keren,
    uuuuuuuuuhhh, dah kangen aku dgn fotografi…dah lama gak jepret-jepret.
    .-= kira´s last blog ..Wet Dream =-.

  15. waduh penggemar fotografi juga suami mbak uni…

    kamera professional ya??

    speed pesawat jet kan tinggi, tapi hasilnya masih jernih…..
    .-= Kus Andriadi´s last blog ..IP diriku naek nih Cuy…ahahahay =-.

  16. mba ade…
    piLotnya gantengggg…. :giggle:
    ad poto piLot yg laeN ga??!!!.. :mrgreen:
    .-= chie´s last blog ..namanya…RAMA =-.

  17. wuii … pesdawatnya keren keren

    kalo di tempatku sekitar jam setengah sepuluh malam sunsetnya 🙂

  18. keren bgt foto2nya… jago juga nih motonya.. 😀
    .-= ke2nai´s last blog .. =-.

  19. adipati kademangan says:

    Kameranya keren, kecepatan tinggi dengan lensa bagus, hasil fotonya juga keren. terutama yang gambar gigi itu, saking cepetnya sampek tinggal giginya doang yag terlihat *halah*

  20. top markotop dah!
    semua hebat, fotonya, journey-nya, fotographernya, aspri-nya, ga ketnggalan jg nyupirnya…hebat deh nyetir 9 jam…niatnya hebat! hihi
    .-= nanaharmanto´s last blog ..Minyak dan Air!! =-.

  21. Keren banget neh ni.

    Pengen liat yang kek gitu juga
    .-= Paman Gober´s last blog ..Gwitter Is A Gober Twitter =-.

  22. huik..ga ngajak2 neh 😀
    .-= Billah´s last blog ..Tips Mengelola Blog Dengan Efektif =-.

  23. Mbak, maaf yah, kita majukan. Coz, menjelang Ramadhan, Insya Allah kita akan percepat untuk KBO 3 sebelum bulan puasa. Insya ALlah… ok mbak, saya add 🙂
    .-= anazkia´s last blog ..Update Konfrensi KBO =-.

  24. :dance: wow kwereennnn :cinema:
    .-= katakataku´s last blog ..Bayangan Perubahan =-.

  25. Wahhh De ,apa habis tuh makanannya ? oh ya dingin yaa jadi pasti cepet laper n juga cepet berat Lho….. 😉
    .-= Arie Avianto´s last blog ..Bagaimana meraih Perut Ramping dengan Aman ? =-.

  26. paling asyik memang jalan2 keluar kota. sambil nyetir dan cerita2 di perjalanan.. sambil ngemil apalagi hehee..
    utk berikutnya selalu siap sedia sweather dan celana panjang kali ya di mobil, siapa tau diperlukan :D.

    eniwei, kenapa ya starbucks kasih kopinya selalu dikit banged? kenapa ya dia g bikin aja kyk model2 warkop gt, jd biarpun kopinya ga keras2 amat tp at least rada lumayan hangat di perut krn dapat 7-8teguk. dulu wkt petama kali starbucks masuk Medan, gt tau kopinya kecil bgd, ga mau lg mesen, rugi ah. hahahaa…….
    .-= zee´s last blog ..Go Green =-.

  27. jadi pengen nonton…

    tapi :wasntme: mahal nggak ya?

  28. Photographer nya keren… 🙂
    .-= Herry´s last blog ..Cara ampuh tampilkan Adsense di Blog bahasa Indonesia =-.

  29. wew… untungnya aku anak matematika . jadi gagh perlu modal kalkulator baca tulisan ini …
    hehehe…
    .-= rully´s last blog ..Abu-Abu yang Membiru =-.

  30. Coba kemarin ngajak saya, saya mau gantiin nyopir …
    Fotonya keren-keren bok … 😉
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Tukeran Rumah Yuuk … ! =-.

  31. arghhh.. jadi pengen kesana 😀
    .-= warm´s last blog .... libur = tidur ? =-.

  32. Gila the best abis gambarnya…..segera menyusul….:P
    .-= Dita´s last blog ..Mengapa Sulit Mengucap Syukur… =-.

  33. duh senengnya bisa lihat airshow, saya dulu juga mblenger lihat,sekarang nggak ada yang ngajak lagi.
    Yang difoto dan yang tukang fotonya mantap

    Salam hangat dari Surabaya.
    .-= Abdul Cholik´s last blog ..7 is 5+2, isn’t it ? =-.

  34. foto2 air show nya keren.
    btw saya juga pernah punya pengalaman ndeso sewaktu mesen espresso. di lounge sebuah warnet… saya kira secangkir besar penuh.. tau2 cuma seibriitt!!! mahal pulak!! haha..
    .-= morishige´s last blog ..Langkah (3): Sekali Bom, Akibatnya Segudang =-.

  35. wah keren gambar2nya…,
    salam kenal…,
    .-= tyan´s last blog ..Bidadariku Surgaku =-.

  36. ya ampun, de, niat banget. itulah kalau sudah hobi mendekati obsesi.
    tapi acaranya was worth every minute and sweat deh kayaknya. eh, nggak keringetan ding, kan dingin. hihi…
    .-= marshmallow´s last blog ..Maluku: Sajian Pamungkas =-.

  37. rasanya bisa liat dengan mata telanjang ngak di tv gimana ya?

  38. was asyik mba…saya mah paling pabnter bisa bermimpi doank bisa menyaksikan airshow….kapan-kapan mau donk diajak hahahahah
    .-= Omiyan´s last blog ..Ayo Cin Dapetin Uang Rp. 15 Juta =-.

  39. Itu lagi moto malah suaminya dipoto?
    hahahhaha
    waduuuh gak kebayang gimana serunya !
    pasti keren 😉

    btw uni, nyetir 9 kam mah gak terlalu jauh (soalnya abis perjalanan marathon 20 jam ke Malang hehehe)

    Tapiiii kalo nyetir 9 jam, lalu in the next 24 hours nyetir lagi…
    Nah itu edaaaan 😀
    fisik mesti kuat bener ! 🙂
    .-= Eka Situmorang – Sir´s last blog ..Suntuk =-.

  40. pengennya…kenalan ama si pilot 😀
    wakakak

  41. Wuuaaahhhh …. keyeennn …. makasih yah uni mau mampir ke blog akuuu 😀

    duh seru banget sih tinggal di luar negeri, pengalamannya banyak 😀

  42. wih, keren yah..
    aku pengen banget kemana-mana buat liat hal” yang aku suka..
    tapii, nunggu dewasa aja de. hehehe..
    salam kenal..

  43. Assalamu’alaikum Wr Wb

    Finally, bisa blogwalking juga dan blog uni yang pertama.. 😛
    Un, kontingen dari Indonesia ga ada ya, pdahal Gatot koco n CN235 buatan IPTN kalo di kembangkan terus bisa unjuk gigi juga tuh (sotoy mode on)..

    Ngeliat foto2nya, jadi pengen ngeliat langsung juga euy..
    Oh ya ni, kalo puasa nanti gimana tuh??soalnya kurang dari sebulan lagi, berarti kalo sunsetnya jam 20.30 buka shaumnya jam segitu dong.. wah itu bener2 ujian yang sangat berat..Semoga uni bisa ngejalaninnya..

    Udah dulu deh ni, soalnya report lagi deadline nih.. semoga lain waktu bisa blogwalking lagi kesini.. Aminn
    .-= Soni Satiawan´s last blog ..Dejavu =-.

    • iya nih son..
      tantangan besar buat puasa di musim panas yang siangnya panjang
      So far sih Senin – Kanis lancar Alhamdulillah
      Tapi ga tau klo tiap hari ya hehehe..

  44. Enggak berani nyetir bantuin suami, gara-gara gak punya SIM ya,
    kalo cuma nyetir aja, kayaknya bisa toh, tapi klo sim gak punya, masuk penjara kayaknya..
    Salam kenal…
    .-= togar silaban´s last blog ..Kenapa ya kualitas produk kita sering rendah =-.

  45. luar biasa !!!….keren banget….!!! beruntung lho lo ada disana dan menyaksikan langsung.
    *hem..bikin gwgw mupeng*

  46. jadi inget klo dulu pengen jadi pilot……

  47. Haa, bagusnya kalo lagi air show di daerah tangerang! selain panas udara yang menjadi, saya juga bisa ikutan acaranya, ^_^…V :y:

  48. wahh..keren abis Mba Ade..itu lho pesawatnya..sayang aku tak tinggal disana *Mimpi kali ye*

    -salam- ^_^
    .-= Hariez´s last blog ..Langit itu =-.

  49. Wuih akrobat dengan 12 pesawat, keren abis. Hebatnya lagi gak tabrakan ya antar pesawat.
    Anyway, foto-fotonya juga keren, mungkin dukungan Aspri yang siaga dengan makanan teyuz tuh :giggle:
    .-= Blogodolar´s last blog ..John Chow Muncul Kembali di Google =-.

  50. FOTO2ne keren abissss dech :y:
    .-= ciwir´s last blog ..Ramadhan Bulan Keramat =-.

Speak Your Mind

*