Mengurus Paspor

Paspor saya itu ceritanya akan habis masa berlakunya Des 2010 ini. Tadinya berencana buat mengurus perpanjangannya di Konjen New York, prosesnya ga ribet dan ga perlu dateng. Cukup kirimkan semua persyaratan dilengkapi dengan amplop yang udah dilengkapi perangko untuk mengirimkan paspor yang sudah jadi. Tetapi, karena kepulangan kita dipercepat dari yang direncanakan, jadinya mau ga mau pengurusan diproses setelah sampai di Indonesia aja.

Karena pengalaman mengurus paspor 5 tahun yang lalu, baru nyampe di kantor Imigrasi sudah didatangi orang2 yang menawarkan jasa pengurusan dan karena kepepet juga waktu itu, perlu cepet makanya kemudian mengikuti prosedur yang ga normal πŸ™‚

Nah, kali ini karena ga buru2, saya bertekad untuk mengurus melalui prosedur normal aja.

Baru datang, langsung ke customer service untuk menanyakan prosedurnya, di sana dikasih info kalo beli formnya di koperasi yang letaknya berdampingan dengan kantor. Ada kejadian lucu nih di sini. Ceritanya ada 2 orang bapak2 yang piket di customer service. Sama bapak pertama, dikasih tau tentang surat2 apa aja yang harus dibawa dan dilampirkan di formulir untuk perpanjangan paspor. Karena dia ngecek masa berlaku paspor saya, ketauan kalo saya lahir di Padang. Trus dia nunjuk ke bapak kedua sambil bilang,

“Bapak ini juga dari Padang loo”..

Akhirnya saya ngobrol dong dengan bapak kedua. Ketauan kalo kampung kami berdekatan, trus dia nawarin untuk mudik bareng lebaran ntar. Saya bilang, saya dan suami belum memutuskan akan pulang atau ga untuk pulang lebaran ini. Eh, si bapak langsung bilang gini,

“O.. udah nikah ya.. Bilang dong dari tadi! Ya udah beli dulu formulirnya di koperasi ya!”

Gubrak! Maksud loo.. Halah.. Bener2 nyebelin tuh Bapak itu.. πŸ˜›

Okeh lanjut soal ngurus paspor, abis beli formulir seharga Rp 15,000 dan nambahin data2 yang diminta : Surat Nikah, Kartu Keluarga, Akte Lahir, Ijazah, Surat Pegunduran Diri karena status saya di KTP adalah karyawan sementara sekarang ini statusnya dah berubah jadi ibu rumah tangga πŸ™‚ Abis balik lagi ke customer service buat ngambil no antrian untuk memasukkan formulir. Antriannya ga terlalu panjang, ga terlalu lama menunggu no antrian saya pun dipanggil. Di situ dokumen di serahkan dan dicek sama aslinya, dan dikasih tanda terimanya. Di tanda terima dituliskan tanggal buat wawancara dan foto, 3 hari setelah waktu penyerahan dokumen.

Hari wawancara saya datang agak pagian biar ga terlalu ngantri. Eh tapi tetep aja ternyata antrinya panjang banget πŸ™

Pertama ngambil no antrian lagi buat bayar (bayarnya Rp 270,000) dan buat wawancara. Antrian buat bayar sih ga terlalu lama, karena prosesnya lebih cepet. Nah, buat wawancara dan foto tuh yang amit2. Sebenernya klo buat perpanjangan dah ga perlu wawancara lagi kali yaa.. Lumayan kan buat menghemat waktu πŸ™‚

Setelah wawancara dan foto dikasih lagi tanda terima yang harus dibawa untuk Β mengambil paspor. Klo ga salah 5 hari setelah waktu wawancara, paspor sudah bisa diambil.

Oiya, buat pengurusan paspor, customer service buka sampai jam 12 siang, dan setelah itu customer service dibuka untuk pengambilan paspor yang udah jadi.

Jadi, total waktu yang dibutuhkan buat ngurus paspor, sekitar 10 hari-an lah ya..

So, buat kamu yang mengurus paspor, jangan mengurus terlalu mepet yaa.. Ikutan prosedur normal aja. Gampang kok.. πŸ˜€

Comments

  1. Emang mendingan ga mepet kalo mo urus apa” di Indonesia uni…. ribet dan makan biaya…. hehehe… aku juga nih 2012 mulai dari paspor, SIM A dan KTP expired semua hiks….

  2. urus di KBRI memang jauuuh lebih mudah. Perpanjangan 3 hari jadi!
    Aku pernah urus perpanjangan visa utk anak-anakku, mau diperpanjang DUA Hari, urusnya DUA HARI, dan biaya DUA RATUS RIBU rupiah saja. Udah gitu di pintu imigrasi bandara masih dibilang: ini kelewatan 2 hari loh…. “KAN saya sudah perpanjang. Udah BAYAR 200rb lagi” mau tau dia jawab apa?
    “Kan 200rbnya ke sana. ke kita belum”
    Mau MAaraaaahhhhhh banget

    EM

  3. wah coba lu gak bilang kalo punya suami, mungkin passport lu langsung kelar hari itu juga de. hahaha.

    to mbak EM: tapi kalo ngurus di KBRI kan cuma dapet perpanjang 2 th kan? kemaren ini sih saya dapetnya cuma 2 th…

  4. aku waktu memperpanjang paspor tahun kemarin, terpaksa pake prosedur “jalan pintas”.
    soalnya ngurusnya cuma bisa di Pekanbaru. sementara aku tinggal di Duri.
    jd dr pd harus bolak balik, terpaksa deh bayar lebih supaya bisa cepet kelar. =,=’

  5. Saya juga urusnya normal, cepet, 2 minggu jadi. Setelah kumpul berkas harus foto dan wawancara seminggu kemudian, dan paspor jadi seminggu berikutnya..

    Saya datang setengah 8 pagi (loket buka jam 8), jadi dapat antrian tengah.. kalo datang jam 8 mungkin udah ga dapat nomor lagi karena udah penuh.. loket imigrasi JAKUT memang cukup ramai untuk pengurusan paspor, jadi harus pagi2 banget

    Yang wawancara juga anak muda, sama2 PNS nya dengan saya jadi pertanyaannya g macem2, kabarnya status PNS itu dipermudah buat urus paspor..

  6. saiia gag ada pengalaman sama sekali masalah yang satu ini πŸ™

  7. O.. udah nikah ya.. Bilang dong dari tadi! …

    Unidede masih terlihat seperti Gadis Remaja mungkin …
    Mungil dan imut-imut

    hahahaha

    salam saya Uni Dede

  8. lumyan ribet ya Mabk ngurus paspor….
    hal ini bisa buat ancang2 saya ketika ke luar negeri..
    tapi kapan ya….

  9. terkadang ngurus paspor dengan prosedur normal itu susah, memakan wktu lama..

  10. itu artinya mukanya irit, muka lebih muda dari usia mba hahahahahaa

    saya belum ngalamin maklum masih tinggal di negeri tercinta dan ngga kemana-mana hahaha

    salam aja deh

    Mohon maaf lahir bathin mba

  11. nice info mba..
    nti lah..taon 2012 perpanjangnya XD

  12. secara belum pernah ngurusin paspor, jadi informasi unidede ini patut saya simpan, biar suatu saat kelak bisa saya pakai, jika dibutuhkan… (halah, kayak apa aja, haha…)

    uni, selamat idul fitri ya,
    maafkan lahir dan batin… πŸ™‚

  13. owhhh gitu tah caranya mengurus paspor πŸ˜€ #barutau

  14. Wah, pas banget nih… nemu info Mbak Ade kemarin, langsung aq ceki2 dokumen yg mesti disiapin. Rencananya mo ke imigrasi hari ini buat perpanjangan juga. Ntar kalo ada Bapak2 yg kecentilan udah tau mesti jawab apa hehehehehe!

  15. Mo tambah info, semua arsip, fotokopinya mesti di kertas A4 & ga boleh kepotong. Trus, buat karyawan mesti ada surat rekomendasi dari perusahaan. Perhatikan jam operasional kantor imigrasi, kalo ga salah utk pengambilan formulir hari ke-1 max sampe jam 12, lainnya max sampe jam 15.

  16. informasinya mbak bener2 bermanfaat banget. salam kenal ya mbak.

Speak Your Mind

*